Pengalaman Aplikasi UK Tier 4 (General) Student Visa Mei 2016 – All by Myself

Hai, perkenalkan saya Lilis Iskandar, awardee BPI LPDP PK-62 yang akan melanjutkan studi Dentistry Research (MPhil/PhD) ke King’s College London pada 1 Juli 2016 ini.

Saya ingin berbagai sedikit pengalaman pribadi saya mengurus visa studi ke UK dengan jalur independen, alias tanpa bantuan agency. Pertama-tama saya ucapkan banyak terima kasih kepada para sesepuh yang telah berbagi pengalamannya di blog pribadi masing-masing mengenai hal ini; saya sangat terbantu dan benar-benar mengandalkan panduan dari kalian. Layaknya peraturan dan sistem, terdapat sedikit perubahan dari apa yang ada di tahun lalu. Untuk itu lah saya merasa perlu untuk menulis blog ini sehingga dapat menjadi panduan ter-update bagi teman-teman yang akan berkuliah ke UK. Terlebih lagi saya memulai kuliah sedikit lebih cepat dari mayoritas teman-teman yang akan berkuliah di September nanti, pastilah saya yakin banyak yang akan membutuhkan informasi ini.

Disclaimer: Ini merupakan ringkasan pribadi penulis. Informasi mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku untuk pembuatan visa UK dapat berubah kapan saja. Penulis tidak menjamin keberhasilan pembuatan visa. Semua hal yang terjadi terkait penggunaan tulisan ini sebagai panduan bukan merupakan tanggung jawab penulis.

Source: http://www.qscourses.com/blog/wp-content/uploads/2015/08/shutterstock_261077804.jpg
Sumber gambar: http://www.qscourses.com/blog/wp-content/uploads/2015/08/shutterstock_261077804.jpg

Tahap awal: Persiapan Berkas
Aplikasi visa Tier 4 ini baru dapat di-submit paling cepat 3 bulan sebelum studi dimulai. Jadi, sebelum masuk H-3 bulan, cicil dulu beberapa berkas yang mungkin bisa mulai dipersiapkan. Berikut adalah berkas yang perlu dibawa di hari H pembuatan visa (penjelasan cara mendapatkan beberapa berkas* ada setelah list):
1. Sertifikat Bebas TBC*
2. KK dan Akte Lahir yang sudah diterjemahkan di sworn translator*
3. CAS (Confirmation of Acceptance for Studies) dan jika diperlukan, ATAS (Academic Technology Approval Scheme)*
4. Ijazah asli dan terjemahannya (biasa bisa menggunakan jasa dari kampus masing-masing, pastinya kalian sudah punya ini untuk pendaftaran universitas tujuan)
5. Transkrip (biasa sudah bilingual, tidak perlu diterjemahkan)
6. Paspor baru dan jika ada, paspor lama
7. Sertifikat bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL IBT
8. Letter of Guarantee dari LPDP (untuk student yang self-funded perlu menunjukkan rekening tabungan dengan nominal tertentu yang mengendap dalam jangka waktu tertentu)
9. Print out email nomor IHS (Immigration Health Surcharge) dan receipt pembayarannya
10. Print out formulir aplikasi visa yang telah diisi online dan ditandatangani
11. Print out email konfirmasi appointment visa di VFS
12. Print out email konfirmasi pendaftaran visa
13. Print out email receipt pembayaran visa
14. Print out tiket pesawat (jika ada)

Sertifikat Bebas TBC
Untuk sertifikat ini, HANYA bisa didapatkan dari RS yang bekerja sama dengan UKVI; hanya 3 di Indonesia, yakni:
– RS Premiere Bintaro
– RS Premiere Jatinegara
– RS Internasional Bali
Sertifikat tersebut masa berlakunya 6 bulan, jadi sudah bisa dipersiapkan sebelum memasuki H-3 bulan. Saya menganjurkan di H-4 bulan agar tidak bentrok dengan kepengurusan visa tapi juga tidak terlalu awal.
Dikarenakan lokasi tempat tinggal saya di Jakarta Selatan, saya memutuskan untuk melakukan pemeriksaan di RS Premiere Bintaro. Caranya mudah, cukup telepon ke (021) 27625500 dan pilih koneksi ke bagian Medical Check Up lalu buat appointment untuk pemeriksaan TB visa UK di hari dan jam yang dikehendaki serta tanyakan berkas apa saja yang perlu disiapkan. Saya sarankan di pagi hari untuk menghindari keramaian. Berkas yang perlu dibawa di hari pemeriksaan adalah:
– Paspor asli
– 2 lembar foto 4×6 cm dengan latar belakang warna bebas (mohon konfirmasi pada RS yang berbeda)
Di hari perjanjian, pastikan anda tidak sedang sakit pilek ataupun batuk:
1. Datanglah ke bagian Medical Check Up dan daftarkan diri di meja registrasi. Anda akan diminta paspor dan pas foto serta dimohon untuk mengisi sejumlah formulir
2. Setelah itu anda akan diminta ke kasir untuk membayar biayanya terlebih dahulu, yakni Rp690.000
3. Anda akan diarahkan untuk foto x-ray thorax ke ruang radiologi
4. Setelah selesai, kembalilah ke ruang medical check up dan menunggu panggilan
5. Anda akan dipanggil untuk bertemu dokter dan diberikan sejumlah pertanyaan tentang kesehatan anda. Cukup singkat, hanya sekitar 5 menit.
6. Selesai, anda boleh pulang, jangan lupa paspornya dibawa pulang.
Anda akan diberitahu bahwa hasil bisa diambil keesokan harinya dan harus anda sendiri yang mengambil karena perlu verifikasi dan menandatangi sertifikat tersebut.
Cukup cepat bukan, sehari langsung jadi dan puji syukur paru-paru saya normal dan bebas TBC 😀

Sworn Translator
Saya menggunakan jasa Unggul Translator yang beralamat di Jl. Otista III No. 117, Jatinegara. No telepon (021) 8503944 atas rekomendasi dari salah satu sesepuh. Sejauh ini saya bandingkan, ini adalah jasa sworn translator yang paling murah (Rp50.000 per lembar dokumen) dan pengerjaannya pun cukup praktis karena saya tinggal email scan KK dan akte lahir saya ke unggul.translator@gmail.com dan hasilnya dapat dikirim via Tiki. Saya hanya menghabiskan Rp125.000 untuk translate KK dan akte lahir beserta ongkir. Semua biaya saya transfer ke rekening yang bersangkutan, simple. Jangan lupa konfirmasi via telepon jika sudah email dokumen atau bukti transfer agar proses cepat.

CAS dan ATAS
CAS akan dikeluarkan oleh pihak universitas, ketentuan dapat berbeda-beda. Untuk King’s College London, CAS akan diperoleh paling cepat 3 bulan sebelum studi dimulai. Untuk kasus saya yang akan mulai studi di 1 Juli, CAS saya baru keluar di akhir April (dengan segala perjuangan beberapa kali menagih ke pihak universitas), yang mana agak sedikit membuat saya deg-degan karena aplikasi visa (reguler) juga cukup memakan waktu. Namun ada teman dari universitas lainnya yang telah memperoleh CAS bahkan 6 bulan sebelum studi dimulai.
Tidak semua studi membutuhkan ATAS, pastikan dahulu apakah studi anda membutuhkannya. Biasanya informasi ini tertera di dalam CAS, namun apabila anda belum mendapatkan CAS, perlu tidaknya ATAS dapat dikonfirmasi melalui web ini https://www.academic-technology-approval.service.gov.uk/. Kebetulan studi saya ternyata tidak perlu ATAS. Namun jika anda ternyata membutuhkan ATAS, harap segera mengurus aplikasinya karena saya dengar prosesnya memakan waktu cukup lama yakni satu bulan.

Tahap Kedua: Aplikasi Online
Walaupun belum semua berkas anda lengkap, anda boleh membuat akun terlebih dahulu di https://www.visa4uk.fco.gov.uk/home/welcome. Karena terdapat banyak bagian yang perlu diisi, anda boleh menyicil untuk mengisi online form-nya di bagian-bagian yang sudah bisa diisi, sisa kolom yang belum bisa diisi karena alasan belum tersedianya dokumen tertentu (misalnya CAS) dapat dikosongkan terlebih dahulu. Setelah diisi, anda dapat save dan dapat dilanjutkan di kemudian hari setelah semua dokumen siap. Namun ingat, di hari akan confirm application, siapkan kartu kredit dengan limit yang cukup untuk membayar biaya seluruh biayanya (yang mana cukup mahal). Untuk S3 yang masa studinya 4 tahun seperti saya, silakan siapkan limit kartu kredit tidak kurang dari 20 juta rupiah. Bagi yang S2 mungkin tidak sampai segitu, namun siapkan limit tidak kurang dari 15 juta rupiah. Untuk yang S3 dan membawa serta keluarga, silakan hitung sendiri limitnya *pukpuk*. Jika 1 kartu kredit tidak cukup, silakan pinjam kartu kredit rekan atau kerabat yang bersedia membantu. Tapi jangan lupa dibayar tagihannya ya, hehe. Berdoa saja dana reimburse LPDP cair sebelum tanggal jatuh tempo tagihan kartu kreditnya 🙂
Beberapa kolom isian mungkin membingungkan dan anda bingung untuk mengisinya. Tenang, saya akan berikan panduan detail tentang setiap bagian.
– Setelah log in, pilih menu Apply for myself. Isi data diri dan pilih visa type PBS Tier 4 Student dan bagi awardee LPDP pilih visa sub type Tier 4 (General) Student, lalu create application.
– Klik Go to Application dan isi setiap kolom pada setiap section sesuai dengan data anda. Berikut adalah beberapa bagian yang perlu anda perhatikan:
o Passport and Travel Information
 – Issuing Authority – isi dengan nama petugas yang mengesahkan paspor anda
 – Jika ada paspor sebelumnya, harap isi datanya dengan lengkap
 – Date of planned arrival in the UK – jika belum beli tiket, cantumkan tanggal yang paling mendekati dengan rencana. Tenang, tidak harus sangat tepat, kalo nanti geser beberapa hari juga tidak apa. Yang jelas anda diperbolehkan masuk UK paling cepat 1 bulan sebelum studi anda dimulai.
 – What is the main address and contact details of where you will be staying whilst in the UK? – Jika sudah konfirmasi tempat tinggal, boleh diisi alamat tsb. Namun jika belum, isi saja dengan alamat dan contact kampus anda.
o Personal Details and Travel History
 – Travel and Criminal History – isi sesuai dengan pengalaman anda, namun mostly jawaban seharusnya NO.
 – If we need to interview you, what language would you like to use in the interview? – English.
o Family Details – isi sesuai KK
o Medical Treatment – saya sih isi NO
o Tier 4 Student
 – Sponsor – isi sesuai data di CAS
 – Studies – isi sesuai CAS
# Confirm which of the following options apply – studying
# Please indicate how you meet the minimum English language requirement relevant to your course – di CAS saya tertulis Your sponsor is a Higher Education Institution (HEI), and has made its own assessment of your English language ability, jadi saya pilih yang itu. Sebenarnya dengan begini artinya saya tidak perlu menunjukkan IELTS atau TOEFL lagi, tapi saya lampirkan saja di berkas sebagai tambahan.
 – Maintanance and Fees
# How much are the fees for your course of study? – isi tuition fee sesuai LoA
# Have any of your course fees been paid? – saya sih belum, jadi NO.
# Have any of your accommodation fees been paid to your sponsor? – saya sih tidak tinggal di akom kampus, jadi NO.
# Do you receive support from a financial sponsor that meets the UK Visa and Immigration definition of a financial support? – YES.
# What is the name of the official financial sponsor? – Indonesia Endowment Fund for Education
# How much in GBP(£) is the official financial sponsor or Government sponsor paying towards your expenses? – samakan dengan LoG
# Course Fees – samakan dengan LoG
# Maintenance Fees – samakan dengan living allowance di LoG
# Do you have any remaining fees and maintenance still due for payment? – untuk beasiswa LPDP isi NO karena kita fully sponsored.
# Do you have money in your own name? – YES.
# What original documents have been supplied showing evidence of funds for the fees that still need to be paid? –Letter of Guarantee
 – Points Claimed (ikuti saja angka ini, kalo penasaran kenapa, boleh di-google sendiri)
# Confirmation of Acceptance for Studies – 30
# Maintenance – 10
# Total – 40
o Additional Information – Jika ada dokumen yang namanya beda, pernah ditolak visa UK sebelumnya, atau penjelasan hal lain yang kiranya akan menjadi persoalan, silakan tuliskan di sini dengan format bebas. Jika tidak ada, isi none.
Jika sudah diisi semua, diperiksa kembali, dan yakin bahwa semua data telah benar, silakan confirm application.
Setelah itu sign declaration dan mengisi BRP(Biometric Residence Permit) Collection Location. Jika di CAS anda terdapat referensi agar BRP anda dapat dikirim langsung ke kampus, silakan isi kode tersebut. Jika tidak, silakan isi lokasi kantor pos terdekat dengan kampus atau tempat tinggal anda di sana.
Langkah selanjutnya adalah book appointment, lokasi pasti di VFS Kuningan City, isilah tanggal dan jam yang sesuai dengan jadwal kosong anda.
Berikutnya, pay for IHS – anda akan diberikan link menuju web IHS dan isi saja semua data, lalu ikuti langkah-langkah pembayaran. Dengan masa studi 4 tahun, biaya IHS saya di hari itu USD 1,012.50.
Setelah IHS beres, anda bisa lanjut klik ke menu pay for application dan silakan ikuti langkah pembayaran aplikasi visa anda. Di hari itu biaya aplikasi saya USD 492. Karena nominal dalam USD, biaya dapat berubah-ubah sesuai dengan kurs GBP-USD di hari itu. Untuk tagihan kartu kredit anda, tergantung dengan kurs USD-IDR yang berlaku di bank bersangkutan di hari tersebut.
Yay, sudah beres semua proses aplikasi online, sekarang kita tinggal siapkan dokumen fisik untuk dibawa ke VFS di hari appointment.

Tahap Ketiga: VFS Appointment
• Lokasi di Kuningan City Mal lantai 2.
• Pastikan semua berkas yang saya sebutkan di tahap awal telah disiapkan. Semua dokumen dibawa dalam bentuk dokumen asli. Untuk beberapa dokumen terjemahan, saya tidak membawa dokumen aslinya, hanya ijazah saja yang saya bawa asli + terjemahan. Tidak apa-apa. Oya jangan khawatir, semua berkas asli kita nanti akan dikembalikan kok 😉
• Siapkan semua fotokopi seluruh dokumen asli dengan lengkap. Ingat untuk paspor, fotokopi seluruh halaman dari depan, yang pernah dicap imigrasi, dan halaman paling belakang.
• Susun rapi dokumen asli dalam satu folder dan satu folder lagi untuk fotokopiannya. Di VFS menyediakan jasa fotokopi, internet dan printer. Namun lebih baik jika tidak sangat terpaksa, jangan gunakan jasa di sana karena sangat mahal. So, be well prepared, guys!
• Dokumen yang tidak diperlukan seperti KTP atau LoA tidak usah dicampur ke folder tersebut, jika ingin membawa silakan tapi dipisahkan.
• Tidak perlu membawa pas foto apapun karena sekarang sudah tidak perlu lagi, foto akan diambil langsung di saat biometric.
• Tidak perlu membawa barang-barang yang lain seperti laptop, karena tidak boleh dibawa masuk dan harus dititipkan dan harus membayar biaya titip yang lumayan.
• Datanglah dengan berpakaian rapi dan tepat waktu. Tidak perlu datang terlalu cepat juga karena anda baru diizinkan masuk tepat 5 menit sebelum jam appointment anda. Namun saran saya tibalah minimal 30 menit sebelumnya agar dapat mempersiapkan diri dan memeriksa berkas-berkas yang telah dipersiapkan sekali lagi.
• Jika sudah 5 menit sebelumnya, silakan masuk ke security check gate dan menunjukkan print out email appointment confirmation anda, mematikan telepon genggam dan ikuti petunjuk alur untuk masuk ke dalam kantor.
• Anda akan diberikan tiket nomor antrian dan silakan menunggu nomor anda dipanggil untuk documents submission. Di tahap pertama tersebut, anda akan diminta untuk menyerahkan kedua folder yang saya katakan tadi: dokumen asli dan fotokopi. Anda akan diminta mengisi form checklist dokumen yang anda serahkan dan form data untuk video teleconference nantinya. Anda akan ditawarkan apakah ingin mengambil opsi visa prioritas (visa jadi dalam waktu maksimal seminggu) dengan tambahan biaya, namun saya tidak memilih itu karena tidak buru-buru (visa reguler selesai dalam waktu 15 hari kerja atau 3 minggu). Anda juga akan ditanyakan apakah nanti akan mengambil hasilnya sendiri atau diwakilkan. Jika diwakilkan, anda akan perlu membuat surat kuasa dll. Saya memilih mengambil sendiri, toh saya domisili Jakarta dan tinggal sendiri, tidak ada pilihan lain. Hehe. Setelah selesai, anda akan diberikan struk untuk pengambilan dokumen dan visa anda, simpanlah dengan seksama.
• Tahap berikutnya anda akan menunggu dipanggil untuk pengambilan biometric sidik jari, foto, dan tanda tangan. Ikuti saja semua perintah petugasnya maka akan berjalan lancar 🙂
• Tahap terakhir: video teleconference dengan pihak dari UK. Anda akan dimohon menunggu sementara petugas menyambungkan dengan pihak UK, setelah siap anda akan dipanggil masuk ke dalam satu ruangan kecil dengan headphone dan mic serta layar online petugas UK. Silakan ngobrol dengan beliau. Saat itu yang mewawancarai saya bernawa Steve, seorang pria berusia mungkin sekitar 55-60 tahun dan tentu dengan aksen British. Kami hanya ngobrol santai, beliau cukup lucu dan sangat ramah. Saya ditanya tentang kabar saya, cuaca di sana, diminta perkenalan diri untuk nama, tanggal lahir, dan jurusan dan universitas tujuan. Selain itu juga ditanya mengapa memilih kuliah jurusan dan universitas itu, mengapa di UK. Dibawa santai saja, saya bahkan bertanya balik sedikit tentang beliau, hehe. Selesai, beliau terakhir memberikan wish good luck untuk kuliah saya dan told me to enjoy new experience in UK. “Thank you, Steve! :)”
• Selesaiii.. silakan pulang dan menunggu email 2-3 minggu lagi dari VFS. Saya juga harap-harap cemas semoga aplikasi visa saya diterima ya 😀

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi teman-teman!

NB:
-Pembayaran IHS dan visa hanya bisa dibayar online via kartu kredit, aplikasi online anda tidak akan complete jika belum membayar, yang artinya anda tidak bisa masuk ke VFS, apalagi bayar cash di tempat.
-Bagi yang memiliki pertanyaan seputar visa UK, anda hanya bisa bertanya ke UKVI di UK via online query form di https://ukvi-international.faq-help.com/. UK Embassy di Indonesia tidak bisa menerima pertanyaan tentang visa, so jangan telepon ke sana ya.
-Saya submit aplikasi online pada hari Jumat tanggal 29 April dan sudah dapat memilih appointment VFS mulai hari Selasa tanggal 3 Mei. Akhirnya saya memilih appointment di hari Rabu 4 Mei pukul 11.30.

Update 23 Mei 2016
Pada Jumat malam tanggal 20 Mei, saya mendapat email bahwa proses pembuatan visa saya sudah selesai dan dokumen-dokumen saya dapat diambil di VFS Kuningan City Senin-Jumat pukul 12-17. Dalam hati saat itu senang tapi masih deg-degan karena tidak tahu apakah visa ditolak atau diterima. Akhirnya pada hari Senin tanggal 23 Mei, saya datang ke VFS, mengikuti alur pengambilan berkas dan puji syukur pengajuan visa Tier 4 General Student saya diterima! Jika dihitung, prosesnya hanya 10 hari kerja. Yeay, ternyata kita bisa kok mengurus visa UK sendiri 🙂 Semoga tulisan ini menambah semangat teman-teman!

Salam hangat,

Lilis Iskandar
Awardee BPI LPDP PK-62 Ksatria Bumantara
Dentistry Research (MPhil/PhD) King’s College London 2016

30 Comments

30 thoughts on “Pengalaman Aplikasi UK Tier 4 (General) Student Visa Mei 2016 – All by Myself

  1. Arena says:

    Halo Kak Lilis, bagaimana hasil aplikasi visanya?

    1. Sudah selesai pada tanggal 20 Mei lalu 🙂

  2. Rizaldi says:

    Mau nambahin, untuk tes TBC juga bisa di RS
    Premiere Surabaya, biayanya cuma 585rb.
    Aplikasi visa juga bisa di Surabaya, lokasinya di
    Graha Pena, tapi hanya bisa hari Kamis.

    1. Terima kasih infonya 🙂

  3. Adam Althusius says:

    Tulisannya sangat membantu jeung.

  4. Bayu Widyo Megantoro says:

    Makasih Mbak Lilis, tulisannya sangat membantu. Untuk pembayaran Visa apakah bisa
    menggunakan debit ya?

    Terima kasih

    1. Ahmad Rismawan Firdaus says:

      Bisa mas Bayu, klo Mandiri coba cek disini:
      http://www.bankmandiri.co.id/article/mandiri-debit-online.asp

  5. iradest says:

    Amat sangat membantu sekali.
    Terima kasih banyak yaa, Mba Lilis.
    Semoga lancar kuliahnya! 🙂

  6. Prita says:

    Thank you, tulisannya sangat membantu. Tapi saya ingin bertanya, kalau untuk aplikasi
    visa student Tier 4 itu bisa di Surabaya ga?

    1. Ahmad Rismawan Firdaus says:

      Setahu saya bisa di Jakarta, Bali, Surabaya mbak Prita

  7. Tegar says:

    luar biasa nih, baru ketemu yang selengkap ini… *terharu* hahaha
    thanks banget yak,

  8. elnoviamy says:

    halo mbak, makasih banyak karena tulisannya sangat membantu.
    saya awardee angkatan 60, ada yg ingin saya tanyakan terkait poin:
    “Tidak perlu membawa barang-barang yang lain seperti laptop, karena tidak boleh
    dibawa masuk dan harus dititipkan dan harus membayar biaya titip yang lumayan.”

    1. berapa biaya titipnya?
    2. apakah tidak boleh membawa hp/ ipad di dalam tas ke dalam lokasi interview?

    1. Ahmad Rismawan Firdaus says:

      Mau bantu jawab:
      1. Kalau saya bbrp hari lalu k vfs bersama 2 dependents, masuk bawa tas isi
      perlengkapan bayi, memang sih isinya bukan laptop tapi bawa barang selain
      dokumen visa spertinya masih diperbolehkan
      2. Boleh, namun hp/ipad hrus dalam posisi off. Kalau mbak pilih layanan VIP
      premium lounge appointment, boleh menggunakan HP di lounge nya.

      1. Nane says:

        Halo Mas Ahmad…

        Saya beserta anak berencana untuk mengurus visa dependent untuk
        menyusul suami kuliah, bisa share pengalamannya apakah kolom kolom
        isiannya sama dengan yang dijelaskan mba Lili? Saat ini saya sedang
        melengkapi persyaratan lain, dan belum berani membuat account karena
        belum paham benar takutnya salah. Untuk limit kartu kredit itu memangnya
        berapa ya harus sedia (serem juga soalnya ada *pukpuk*-nya hehehe)? Harus
        kartu kreditkah atau bisa tabungan biasa? Mohon pencerahan. Terima kasih
        sebelumnya

        1. Ahmad Rismawan Firdaus says:

          Halo Mbak Nane,

          Kalau untuk dependent kurang lebih sama isiannya, hanya kalau
          dependant pilih visanya: Tier 4 (General) Dependant Partner untuk mbak
          Nane, dan Tier 4 (General) Dependant Child untuk anak.
          Bikin aja mbak, nanti saat mengisi aplikasinya bisa disimpan dulu, selama
          belum submit, datanya masih bisa diubah-ubah.
          Untuk pembayarannya bisa CC atau debit card, namun penggunaan debit
          card untuk pembayaran online perlu dikonfirmasikan ke pihak bank
          terlebih dahulu. Informasinya bisa dilihat disini untuk Bank Mandiri:
          http://www.bankmandiri.co.id/article/mandiri-debit-online.asp

          1. Boy Marsaputra Panjaitan says:

            hallo mas Ahmad,
            saya berencana bawa keluarga untuk studi di UK. bisa minta kontak mas
            yang bisa saya hubungi kah?
            saya mau coba daftar visa tanpa agent.
            terimakasih

          2. Boy Marsaputra Panjaitan says:

            email saya: marsa_boy89@yahoo.com

  9. Rindang says:

    mbak lilis untuk reimburse dari lpdp tersebut dari pengalaman mbak lilis dan teman-
    teman awardee lainnya apakah akan dicairkan sebelum jatuh tempo ataukah ada
    pengalaman yang baru cair setelah jatuh tempo sehingga harus menggunakan uang
    sendiri terlebih dahulu?
    terima kasih

    1. Halo Mbak Rindang,

      Kbetulan aku waktu itu bayar pas cc nya baru masuk tgl baru.. So masih punya the
      whole month utk tunggu dana reimburse, dan dana lpdp cair sblom tagihan cc.
      ohiya, kalo mau reimburs ga perlu nunggu visanya selesai, setelah bayar visa dan
      IHS online bisa langsung klaim ke simonev.

  10. VinaWijaya says:

    Hai mbak,by the way visa nya elektronik
    gak? Pas proses pembuatan visa paspor nya
    ditahan tidak?

  11. Boy Marsaputra Panjaitan says:

    hai kak lilis, mau tanya isian visa.
    ” How much in GBP(£) is the official financial sponsor or Government sponsor paying
    towards your expenses? – samakan dengan LoG “itu maksudnya apa ya?itu sama
    dengan living allowance ya?
    terimakasih

    salam,
    Boy Panjaitan

  12. Keren says:

    Halo Mba, saya mau tanya apa TOEFL IBT masih diterima utk apply visa ini? saya agak
    khawatir walaupun saya sudah diterima di Imperial yg artinya sudah di approve dari
    HEI. Karena baca di web nya TOEFL sudah tidak berlaku dan harus pakai IELTS.
    Thank youu 🙂

  13. Pengagum Berat Mu says:

    mba lilis cantik deh

    love…love…love…

  14. Khrisna Putera says:

    Halo Mbak Lilis,

    Trims sharenya.
    Saya mau tanya kalau apply Tier 4 visa UK benar bisa pakai TOEFL iBT nggak sih? Saya
    baca di web TOEFL kok bisa pakai sistem namanya vouching ya, even iBT sudah ga
    diaku sebagai secure english language test?

Add Your Comment: